Saturday 23 August 2014

Perahu Dalam Mrica

Jika ke Banjarnegara, Jawa Tengah, datanglah ke Waduk/PLTA Mrica.
Meski namanya mungil (Mrica dalam bahasa Jawa berarti Merica),  tapi waduk ini besar (menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan) dan  menyandang predikat waduk terpanjang di Asia Tenggara (panjang 6,5km, dengan luas 1.250 hektar).
Waduk ini membendung sungai Serayu dan menyuplai listrik Jawa dan Bali.







Nama resmi bendungan/waduk  Mrica adalah Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman, diresmikan oleh Presiden Soerharto tahun 1989. Saya ingat persis, karena warga sekampung berbondong-bondong datang kesana berharap melihat langsung Presiden dengan julukan Bapak Pembangunan itu.
Pada tahun awal tahun 90an, waduk ini mengalami masa kejayaan sebagai tujuan wisata. Warga banyak yang datang, dan ekonomi rakyat menggeliat. Banyak terdapat toko cendera mata dan juga toko yang menjual makanan/minuman khas Banjarnegara (dawet, serabi, klanting, dan tempe mendoan). Tapi memasuki akhir tahun 90an..karena tidak dikelola dengan baik, jumlah pengunjung menurun, dan tak lagi populer
Padahal disini terdapat beragam wisata air, seperti perahu motor, area memancing, dan juga dayung. Area sekitar waduk yang hijau dan teduh juga seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau tempat warga berinteraksi dan berekreasi.
Bahkan disini juga terdapat lapangan golf, yang menurut saya sama sekali tidak ada manfaatnya untuk warga sekitar dan hanya bisa menggembirakan segelintir orang. 
Dan dilibur lebaran kemarin, Si Ken diajak Bude dan Pakde-nya untuk datang ke waduk. Meskipun tak lagi jaya, tapi waduk ini masih menyisakan keindahan. Hamparan air  luas bak lautan, yang di lingkari oleh hijaunya pepohonan, masih bisa sedikit memanjakan mata pengunjung.
 
 

Untuk masuk kawasan ini, dikenakan tiket masuk 7.000/orang. Dan jika ingin naik perahu juga di kenakan tarif 15.000/orang.

Jadi.. yuk . ke Banjarnegara...

No comments:

Post a Comment